September 24, 2012

Ayo Membuat Outbound Untuk Organisasi Anda

Outbound bisa menjadi acara alternatif, untuk meremajakan semangat anggota organisasi. Selain menjadi sarana refreshing dapat pula bermanfaat untuk upgrading bagi para anggota.

Tapi...
dana tidak mencukupi
tempat outbound jauh-jauh
tempat-tempat outbound selalu penuh, bahkan ada waiting list-nya

TENANG kawan...
masih ada solusi..

BUATLAH Outbound SENDIRI
trainer dari dalam, peserta dari dalam. kan tidak masalah..

belajar yuk membuat Outbound..
siapa tahu tertarik membuat outbound sendiri, atau mendirikan lembaga outbound..

Sekarang kita mau membuat Outbound untuk organisasi kita.
Biar murah
Biar gampang
Biar bisa dibuat semau kita (hehehe)

1# Saatnya mencari Trainer
semoga anda adalah trainer pertama. tinggal cari trainer lain. 2-4 orang lagi cukup. Trainer ini nanti yang akan bertanggung jawab terhadap Outbound.

2# Buat lah Tujuan dan carilah tempat
Konsep Outbound di buat dengan menentukan tujuan dari Outbound itu sendiri. buatlah pertanyaan. Mengapa Outbound ini diadakan? apakah untuk refreshing, upgrading, training, pembekalan, atau lainnya.
Tempat akan menentukan aktivitas apa yang akan dilakukan. apakah tempatnya sempit atau luas, jauh atau dekat, bergelombang (bukit) atau tanah lapang, jalanan atau hutan. Ini semua penting. tanah sempit masa mau main bola. tempat jauh, ya kita usahakan perlengkapan outbound yang mudah dibawa. kalo di bukit yang curam ya jangan main yang dorong-mendorong (kan bahaya). Kalau dan kalau tempatnya, maka...
jadi aktivitas kita bisa menyesuaikan dengan tempatnya. Ok

3# Buat rencana Aktivitas sesuai Tujuan
Aktivitas Outbound dapat dibagi ke dalam aktivitas kecil, seperti pos. Artinya nanti akan ada pos-pos yang akan memfasilitasi peserta dengan aktivitas tertentu. Aktivitas Outbound kan terkenal dengan game-nya.
Meski tidak semua harus game. tapi yang namanya outbound karena sudah terkenal dengan aktivitas main-main dan game,, maka boleh lah semua aktivitas di buat game. Kalau tujuannya meningkatkan rasa kekeluargaan, carilah game yang sesuai untuk itu. misal game kapal karam, animal family game, atau lainnya. (search aja dengan seacrh engine anda, ada banyak game yang bisa anda explore).
Aktivitas Outbound dapat anda bagi pula beberapa. misal nya saja pembuka dan pemanasan, lalu aktivitas game, makan siang riang, dan terakhir penutup.

4# Siapkan peralatannya
Ya.. kalau game nya membutuhkan alat, segera cari alatnya

5# Roleplay atau Simulasi
lakukan uji coba untuk melakukan gladi bersih. kalau ini cukup para trainer saja. latihan membuat instalasi game, memberi instruksi, dan latihan menentukan waktu. kalau perlu latihan memberi makna juga boleh. Kalau anda melihat outbound-outbound yang sukses, mereka telah melewati pengalaman, roleplay, dan evaluasi yang panjang.. jadi roleplay sangatlah penting untuk kesiapan fisik dan mental.

6# Laksanakan Outbound Anda Sendiri
Selamat mencoba membuat Outbound Anda sendiri. Semoga Sukses

lebih detail anda bisa mengeksplore dari blog ini.

Silakan berkomentar

1 comment:

  1. terima kasih pak atas ilmunya :) .. semoga dapat menambah wawasan saya dan saya dapat menjadi trainer yang handal dan dapat membagi ilmunya seperti bapak

    ReplyDelete

Blogger Template by Clairvo