September 24, 2012

DESIGN atau DESAIN ?? (sama artinya, Jelas Pentingnya) 2#

Informasi tentang Klien atau Peserta sudah tersedia ..

langkah selanjutnya adalah membuat konsep, atau desain training.

Langkahnya agar mudah dipahami kira-kira seperti ini,
>1> Tetapkan Tujuan Training (diagnose)
http://1.bp.blogspot.com>2> Buat konsep perilaku/operasional berupa perilaku, pemikiran, atau sikap yang menunjukkan suksesnya Training
>3> Tentukan cara untuk mencapai perilaku, pemikiran, atau sikap yang diharapkan
>4> Bahasakan dalam kegiatan Training dan Tentukan cara Training
>5> Buat desain penyampaian training


Contoh
>1> tujuan : meningkatkan kerja sama anggota organisasi
>2> Anggota mampu bekerja sama dalam menyelesaikan masalah, mampu mengelola emosi dan ego dengan baik, dan mampu empati terhadap teman satu tim-nya
>3> Membuat peserta terlibat dalam aktivitas yang melibatkan fisik dan psikis, dan peserta di ajak untuk mendapatkan experiences tentang kerja sama, lalu menggalinya dari pola berpikir peserta untuk menyadarkan pentingnya kerja sama dan memahami definisinya secara pribadi.
>4> Game yang menyenangkan namun mengarah pada tujuan, kegiatan kelas. Jadi akan dilakukan Training dengan Outbound dan Indoor training. (jangan lupa Outbound itu juga training. belum tahu.. Baca artikel ini (klikdi sini)
>5> kegiatan Outbound akan dilakukan dengan memberikan aktivitas A, B, C dengan tujuan a, b,c dan dengan alur serta konsep (..bla...bla..bla..). Kemudian Indoor training akan menindaklanjuti Outbound, dengan konsep penyampaian teori, sharing dan reframing.

langkah ini akan menghasilkan modul Outbound. semoga saya sempat untuk mengupload contoh modul Outbound di sini. kalau tidak anda bisa mencari di search engine tentang contoh modul.

NB. untuk beberapa langkah anda memang perlu untuk belajar jenis-jenis training, cara memberikan training, konsep training. belajar teori..

namun akan saya tuliskan untuk anda, dengan konsep yang mudah dipahami dalam blog ini.

baca lainnya :

0 comments:

Blogger Template by Clairvo