September 24, 2012

Outbound itu TRAINING, Nggak Percaya ??

Training itu apa sih..?
Training itu secara ringkas adalah proses merubah pemikiran, sikap, dan perilaku, dari yang tidak diharapkan menuju yang yang diharapkan.

Lalu, jika ditanya, apa itu Outbound..?
apa jawaban anda?
kegiatan bermain, bersenang-senang, refreshing, ada game-gamenya, basah, lelah, tapi tambah akrab, dan sarana melepas stress dari dunia nyata, bla..bla...bla.............

jawaban yang barang kali akan panjang.

Tapi jika saya katakan pada anda, bahwa OUTBOUND itu TRAINING.. apakah anda percaya?

ya.. karena memang demikian adanya.. Outbound itu pada dasarnya adalah salah satu dari jenis Training.

Ada berbagai macam jenis training. Ada tipe seminar, On the Job Training, Magang, Simulasi, Roleplay, Studi kasus, Games, Modeling, Training Kelompok, Adventure Training, dll. Adventure Training itulah yang secara bahasa sehari-hari disebut Outbound.

Adventure Training adalah training berbau lapangan. Rafting, rapelling, sampai yang permainan low-impact seperti spider web, perang air, dan sebagainya.

Game itu sendiri hanya sebuah sarana. sama seperti ketika dalam training indoor, ada trainer yang memakai video, cerita, puisi barangkali, dan lain sebagainya, yang itu semua hanya media untuk menyampaikan pesan kepada peserta.

begitu juga game, adalah media penyampai pesan kepada peserta. Kelebihan dari Outbound adalah, trainer yang berkualitas telah mendesain sedemikian rupa permainan yang ada, sehingga akan memberikan pengalaman nyata bagi peserta. Maksud dari pengalaman nyata adalah peserta diajak untuk langsung merasakan bagaimana rasanya bekerja sama, berkorban, dan berkomunikasi dalam tim.

Yang kemudian, pengalaman-pengalaman ini akan diangkat ke permukaan dengan teknik tertentu yang dilakukan trainer. entah diskusi, menunjukkan foto, menciptakan suasan, atau lainnya. sehingga proses pemahaman disertai langsung oleh kesadaran tentang rasa dan cara melakukan. misal orang diajarkan tentang sikap tanggung jawab. dalam game yang didesain untuk melihat masalah tanggung jawab, peserta akan mengerti rasanya memiliki tanggung jawab dalam sebuah game. ia merasakan simulasi tanggung jawab. ketika trainer memaparkan tentang teorinya, secara fisik ia sudah tahu karena sudah merasakan. tinggal bagaimana cara trainer, menginternalisasikan apa yang telah diperoleh peserta, agar apa yang telah dipelajari dapat diterapkan dalam kehidupan di kantor atau organisasi.

Jadi Game hanya media belajar saja.
dan Outbound adalah bagian dari cara-cara Training.
Bisa saja materi tentang tanggung jawab tadi diberikan dalam training indoor.
atau bisa juga digabungkan dengan sesi outbound dan sesi indoor.

semua tergantung apa yang akan dituju, bagaimana kondisi dan situasinya.
Intinya, tujuan utama memilih cara Training adalah untuk mencapai efektivitas mencapai tujuan yang diharapkan.

jadi OUTBOUND itu TRAINING juga..

sumber: http://www.solutionsdeveloped.co.uk

______________________________________________________

0 comments:

Blogger Template by Clairvo