September 21, 2012

Semua Suka Bermain 4#, Outbound "Media Belajar atau Pendamping Belajar??

Hampir setiap orang memiliki pengalaman berada dalam aktivitas Outbound. Bahkan beberapa sekolah dasar, memiliki jadwal khusus di setiap tahunnya untuk bersama-sama muridnya melakukan Outbound. Begitu juga para siswa sekolah menengah, bahkan hampir pasti Outbound dalam setiap sesi organisasi nya. misal Osis mengadakan acara Training Kepemimpinan. tidak tertinggal pula, guru tidak mau kalah. Demikian juga organisasi, baik sosial maupun organisasi yang berorientasi pada profit. Selalu ada saja jadwal Outbound. entah itu sekedar main-main dan refreshing, atau dalam rangka Upgrading dan Training.

Namun, banyak pihak yang masih menilai dan mengira, bahwa Outbound adalah kegiatan yang sekedar memfasilitasi untuk bersenang-senang dan refreshing. terutama dalam sebuah Training panjang, yang menghabiskan waktu 2 hari, 3 hari, atau bahkan lebih.

Para peserta banyak menilai bahwa Outbound ini, hanya sebagai kegiatan tambahan agar mereka tidak stress. TAPI, apakah benar seperti itu.

Benarkah Outbound
hanya aktivitas tambahan
hanya media bergembira
hanya memfasilitasi permainan
hanya menciptakan keakraban
hanya kudapan di pagi hari
hanya kegiatan fisik
hanya pelengkap dari training ruangan
hanya tambahan dari kegiatan lainnya

Harus saya katakan,
bahwa itu tidak salah, namun terlalu cepat jika mengatakan itu hanya media bersenang-senang, apalagi hanya kegiatan tambahan..

Para pelaksana training di perusahaan, para guru yang mengajak anak didiknya outbound, para mahasiswa yang memasukkan jadwal outbound dalam jadwal kegiatannya, dan semua saja yang berminat ber-Outbound.. Perlu di pahami bahwa OUTBOUND itu justru agenda penting nya, dan media efektif dalam training.

maka tidak heran jika banyak tempat Outbound yang menawarkan pelatihan kepada perusahaan-perusahaan, dan disambut baik oleh para eksekutif.
Outbound dapat dimanfaatkan untuk training Leadership, trainining Karakter, training Team Building, dan training lainnya.

Justru inilah HEBATNYA OUTBOUND TRAINING. ia menjadi media yang menyenangkan dalam belajar. Keuntungan 1# peserta senang dengan kegiatan, dan yang ke-2# Peserta juga sekaligus dalam posisi dan kegiatan untuk belajar tentang sesuatu.

Siapa kira, dari kegiatan Outbound membajak sawah dengan para petani, para siswa SD banyak yang memahami pelajaran lingkungan dan biologinya, bahkan IPS (sosial) nya. Siapa kira, banyak sifat karyawan yang berubah jadi lebih baik, jadi lebih loyal, jadi lebih sopan, jadi lebih disiplin setelah mengikuti serangkaian kegiatan Outbound. Siapa sangka, ada Mahasiswa yang motivasinya untuk sukses melejit, setelah difasilitasi dengan Outbound. Siapa mengira, guru jadi lebih empati pada muridnya dan lebih asyik mengajar, setelah Outbound bersama guru lainnya.

Dan ini nyata adanya..
Outbound itu adalah TRAINING. sebuah bentuk training Outdoor. bedanya dengan training ruangan adalah TEMPATnya dan CARA menyampaikannya.

Memang, untuk mencapai satu tujuan (misal untuk menjadikan karyawan lebih peka terhadap pelanggan), perlu adanya konsep Outbound yang JELAS. dan proses yang BENAR.

untuk hal ini dan tahu lebih jauh, silakan baca volume 5#.. tentang "Bagaimana Oubound menjadi Media Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan" (buka di sini)

maka saran saya.. setelah anda mengetahui bahwa Outbound merupakan media pembelajaran yang kuat, anda sekarang mulai memilih, Fasilitator Outbound mana yang berkualitas untuk menunjang tujuan Anda.

Agar dana yang dikeluarkan oleh perusahaan, organsasi, atau perseorangan tidak sia-sia..

Tentu saya setuju, jika memang ada orang atau sekelompok orang yang memang sengaja melakukan Outbound untuk bersenang-senang. Tapi saya ingin sampaikan bahwa ada sisi keuntungan lain dari OUTBOUND. yaitu ilmu dari pembelajaran yang menyenangkan..

JADI SUDAHKAN ANDA DAPAT MENJAWAB JUDUL DI ATAS..

silakan komentar-nya

1 comment:

  1. Bener Tuh Gan.... Kami juga bergerak dipariwisata tersebut lokasi kami diberada dibeberapa tempat seperti di Tanggerang(pulau situ gintung 3), Bogor (kp.Jogjogan cisarua Cilember puncak), Bandung (Lembang)

    ReplyDelete

Blogger Template by Clairvo