September 27, 2012

Yakin saja..., Lalu Training Sukses! Mudah bukan...

Saya masih ingat ketika awal berhadapan dengan peserta training. waktu itu yang saya hadapi adalah training outdoor. Sungguh saya rasakan berbeda. Berbeda dari pada berdiri di depan kelas memberikan presentasi, berbeda ketika sekedar melakukan diskusi kelompok, atau bahkan rasanya berbeda ketika rasanya memberikan sambutan dalam sebuah acara.

Kaki sedikit gemetar, jantung berdegup kencang, dan suasana jadi terasa kalut.

Mungkin itu biasa terjadi kepada hampir setiap orang yang pertama kali melakukan sesuatu. dan kali ini saya kaitkan ketika pertama kali menjadi fasilitator dalam training.

kemampuan kita terasa di tantang, belajar kita yang teoritis tentang training seakan diuji hari itu.

Tapi saya belajar satu hal. Bahwa keyakinan kita bisa melakukan sangat berpengaruh pada kondisi kita saat menghadapi situasi semacam itu. Yang yakin saja.., kadang masih sulit menghilangkan gemetaran, apalagi yang tidak yakin (semoga tidak pingsan, hehehe).

Yah...
salah satu kunci untuk berhasil menjadi trainer (barangkali untuk semua bidang), adalah keyakinan.
Keyakinan menuntun kita untuk tenang dan menuntun kepada kemampuan pengendalian diri (self-control) yang lebih baik, yang akan mendukung perilaku-perilaku kita.

Ketika anda gugup bertemu peserta, YAKIN saja bahwa anda adalah trainer yang handal.
Ketika anda kurang percaya diri, YAKIN saja dengan posisi anda sebagai Trainer
Ketika anda mulai panik, YAKIN saja anda mampu mengendalikan keadaan
Ketika anda mulai bingung, YAKIN saja bahwa yang anda lakukan benar
Ketika anda benar-benar bingung, ya... bertanyalah pada yang lebih tahu (hehehe)

tapi intinya, keyakinan memberikan kita kesempatan untuk menciptakan suasana internal yang membangun di dalam diri kita.
tentu kita bukan anak-anak lagi, yang akan percaya bahwa ketika kita yakin skill kita akan meningkat begitu saja layaknya super saiya. tidak. skill di dapat dari belajar. namun skill yang telah kita dapatkan bisa tiba-tiba sulit dimunculkan dan tiba-tiba hilang begitu kita tidak yakin.

mungkin banyak orang yang kehilangan kemampuan berbicaranya, ketika pertama kali berhadapan dengan ribuan pendengar. padahal ia sudah berlatih sekian lama.

pengaruh lingkungan baru memang sangat mempengaruhi faktor psikis kita. namun dengan menyadarkan diri, dan meyakinkan diri, kita kan mampu mengontrol diri kita menunjukkan performa terbaik kita.

coba saja, dan anda akan kaget ketika dengan cepat training berakhir, DAN anda ketagihan untuk melakukannya lagi.

YAKIN saja, karena Anda TRAINERnya. PESERTA hanya percaya pada TRAINER yang meYAKINkan
sumber: http://2.bp.blogspot.com

0 comments:

Blogger Template by Clairvo