September 27, 2012

Rumus Trainer Hebat = Menjadi Diri Sendiri + Belajar

Dunia training sudah merebak bagai jamur. Orang dengan latar belakang apapun, dari mana pun, dengan berbagai jenis pendidikan bisa menjadi trainer. baik itu indoor atau outdoor. Jadi tidak aneh jika kita melihat kenyataan banyak sekali trainer atau pembicara besar baru yang bermunculan setiap tahunnya, bahkan setiap semesternya.

Namun, hal itu justru menjadi salah satu bukti bahwa dunia training masih akan berkembang lebih dahsyat lagi. di banyak tempat, di berbagai kota, propinsi, dan berbagai negara. Luar biasanya, trainer yang hebat bisa menjadi model bagi para trainer yang notabene masih belajar.

Bagi kita yang belajar menjadi trainer, sangat disarankan untuk melihat banyak contoh dari trainer-trainer yang telah sukses. Banyak hal yang bisa di modelling. cara menyampaikan, cara belajar, cara mencari market, dan bentuk lainnya. Karena kita akan lebih mudah untuk sukses, dengan mengikuti model sukses.

Namun ada RAMBU-RAMBU yang perlu diperhatikan.
Anda boleh melakukan modeling, namun yang sangat penting yang harus diingat, Bahwa setiap trainer itu punya karakteristik masing-masing. termasuk anda. dan kita manusia memang di lahirkan secara berbeda baik fisik maupun kepribadian. bahkan anak kembar pun akan memiliki perbedaan spesifik di antara mereka.

Apalagi antar trainer. apalagi anda dan trainer manapun.
sudah pasti berbeda. latar belakang, kebiasaan, fisik, kepribadian, penampilan, dan lainnya.

Jadi, segiat apapun anda melakukan modelling jangan anda tinggalkan apa yang menjadi karakteristik anda. Jangan begitu anda melihat ada trainer yang sukses dengan gaya motivasi dan suara keras, anda mengikuti. padahal anda termasuk orang dengan karakteristik suara lembut dan tidak suka teriak-teriak.

Para trainer, jadilah diri anda sendiri.
(Bahkan ini bisa jadi judul training)

Anda punya karakteristik tersendiri sebagai trainer. yang bisa jadi bisa sama atau berbeda dengan trainer lainnya. Tidak masalah melihat bagaimana trainer lain memberi training. bagaimana gaya nya, cara nya, atau penampilannya. kalau itu cocok bagi anda dan sesuai dengan karakteristik anda silakan untuk dilanjutkan. kalau anda merasa kurang pas, Jadilah diri anda, jangan memaksakan untuk malakukan imitasi.

Mario teguh, punya gaya bahasa yang khas.
Ippho santoso, punya cara yang khas
Andre Wongso, punya karakteristik suara yang membahana
sumber: http://3.bp.blogspot.com/
Bong Candra, beda lagi bukan.

mereka para trainer sukses. tapi yang sama-sama sukses ternyata karakter panggung nya demikian berbeda.

Jadi kalau anda ingin jadi trainer hebat. anda bisa belajar dari mereka. namun bukan sekedar untuk imitasi. tetaplah jadi diri anda sendiri dan karakteristik training yang anda bawakan.

Anda justru terlihat hebat saat menjadi diri sendiri, bukan bertopeng orang lain. orang lain bisa saja sukses dengan karakteristik tertentu, tapi Anda akan sukses dengan karakteristik anda

Jadi rumusnya, tetap jadi diri sendiri, tetap miliki semangat untuk belajar.
Dan selamat menjadi trainer Hebat

0 comments:

Blogger Template by Clairvo